Archive for the ‘Aneka Tips’ Category

June 2nd, 2012

Saat akan menikah, biasanya kegembiraan meliputi kedua anak manusia, bahkan juga keluarga, dan begitu banyak yang dibahas, mulai dari acara peresmian secara agama, lokasi syukuran (pesta), catering yang akan dipesan, baju pengantin, bahkan mungkin seragam untuk keluarga, acaa hiburan untuk para tamu dan sebagainya.

Tapi sebetulnya, pernikahan kan bukan cuma untuk hari tersebut saja? Melainkan merupakan awal untuk suatu kontrak hidup bersama sehidup semati yang tidak terbatas waktunya (sampai maut memisahkan.. idealnya begitu)… Nah bukankah lebih bermanfaat bila mereka yang akan menikah merancang terlebih dahulu prinsip-prinsip keuangan dalam keluarga, misalnya: Read the rest of this entry »

Tagged:

Posted In: Aneka Tips

August 31st, 2010

Jaman sekarang mendidik anak bukan lagi suatu soal yang gampang, mungkin karena jaman sudah berubah, tantangan menjadi orang tua menjadi semakin luas. Dan para orang tua menyadari salah mendidik anak akibatnya bisa fatal.

Banyak orang tua yang baru menyadari anak mereka bermasalah setelah semua terlambat, anak sudah menjadi di luar kendali. Padahal mungkin awalnya sepele saja, orang tua tidak memperhatikan kepribadian masing-masing anak dalam mendidik mereka.

Banyak sekali buku psikologi anak yang beredar di masyarakat, tapi mungkin sebagian besar terlalu teknis untuk dibaca oleh orang awam.

Nah, pada postingan ini, saya perkenalkan sebuah buku yang ditulis oleh ibu Siti Marini Wulandari, seorang psikolog yang juga praktisi (menjadi konselor di biro konsultasi Arundaya dan Mommy Day Care di Surabaya). Melalui buku ini kita bisa belajar banyak tentang mendidik anak. Read the rest of this entry »

Tagged: , , , , ,

Posted In: Aneka Tips

August 21st, 2010

Apakah teman-teman sering merasa dikejar-kejar waktu? Nggak punya cukup waktu untuk keluarga? Nggak punya cukup waktu untuk mengerjakan hobby? Nggak punya cukup waktu beristirahat?

Sebetulnya yang dinamakan time management adalah lebih ke urusan mengatur prioritas kegiatan, bagaimana kita bisa mendahulukan urusan yang penting, terkadang ada urusan yang memang butuh dikerjakan langsung, tapi urusan itu nggak penting. Mana yang harus dikerjakan dahulu dibandingkan urusan yang kelihatannya nggak urgent tapi penting?

Seringnya, kita menghabiskan banyak waktu untuk bernetworking ria, baik secara online ataupun offline, padahal waktu itu bisa kita manfaatkan untuk beristirahat atau mengerjakan urusan lain. Bukannya bersosialisasi itu nggak penting, tapi bersosialisasi berlebihan mungkin memang menjadikan kita lebih populer dan banyak teman, tapi bisa jadi banyak urusan kita yang jadi terlantar (nggak sempat istirahat, karena kebanyakan chatting misalnya). Read the rest of this entry »

Tagged: ,

Posted In: Aneka Tips