Archive for the ‘Tips Keuangan’ Category

July 10th, 2015

Teman-teman mungkin sudah banyak yang kenal nama Ellen May, atau sudah sempat membaca artikel saya sebelumnya. Tapi di sini saya mau cerita sedikit yang sangat mendasar tentang trading (bisnis saham) dan main saham… beda loh… Sangat berbeda sekali.

Yang namanya ‘main’ ya hasilnya tentu main-main ya… Kalau namanya bisnis, tentu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh karena di sana kita keluar modal, dan dalam bisnis tentu saja kita ingin bisa profit (untung), dalam bisnis kita juga harus bekerja bukan cuma asal-asalan saja mengharapkan imbal hasil yang tinggi (bisnis bukan investasi bodong ya tapi bisnis).

Tapi banyak sekali rekan trader, terutama rekan trader pemula merasa sudah bisa trading (ataupun investasi saham) hanya karena keberuntungan pemula (beginner luck)… Beberapa kali untung merasa metodenya sudah benar, padahal itu hanyalah kebetulan yang melahirkan euphoria… dan kemudian saat badai menghantam, bukan hanya keuntungan yang sudah didapat yang lenyap tapi modalpun nyangkut ataupun hilang (bila yang kita miliki adalah saham busuk). Read the rest of this entry »

Tagged: , ,

Posted In: Tips Keuangan

April 19th, 2009

Akhir-akhir ini semua orang jadi ramai membicarakan FB (Facebook), tapi saat ramai-ramainya orang memiliki account Facebook, saya adem ayem saja; maksudnya saya memiliki account FB tapi nggak benar-benar aktif ber-networking di sana.

Account Facebook hanyalah sekedar punya saja. Nggak fun lah… dan ngabisin waktu sich kalo harus jalan-jalan dari wall to wall, saya pribadi lebih suka ber-networking melalui email dan YM, rasanya lebih praktis.

Tapi sejak saya menemukan teman lama saya di Facebook. Disusul dengan menemukan group alumni SMA berikut teman-teman SMA dulu… wah jadi seneng juga nongkrong di Facebook, jadi bisa temu kangen lihat foto-foto mereka.
Read the rest of this entry »

Tagged: , ,

Posted In: Tips Keuangan

March 18th, 2009

Saya bukan seorang psikolog atau sejenisnya, tapi saya suka sekali membaca   beberapa hal tentang perilaku manusia, dan salah satunya adalah yang kita kenal sebagai shopaholic (kecanduan belanja).

Secara awam shopaholic adalah suatu perilaku di mana seseorang memiliki kebiasaan berbelanja sampai ke tahap kecanduan (tidak bisa mengontrol kebiasaannya tersebut), seorang shopaholic kerap kali tetap membeli barang yang sama (sudah dimiliki sebelumnya dengan alasan beda warna, beda merek, dsb),

Dan bukanlah sesuatu yang  mengherankan bilamana barang-barang tersebut tersimpan rapi tanpa dibuka begitu sampai di rumah.

Seorang shopaholic dapat membeli apa saja, mulai barang-barang mahal sampai barang remeh. Read the rest of this entry »

Tagged: , ,

Posted In: Tips Keuangan