September 7th, 2009

Saya rasa tiap orang tentu punya hobi, sesuatu yang disukai dan kerap dilakukan di waktu luang. Hobi biasanya bukan hanya sekedar kesenangan saja, tapi juga sekaligus merupakan kegiatan yang bisa kita lakukan untuk melepas lelah dan mengurangi stress.

Hobi sangatlah beraneka ragam, ada yang hobi membaca, mendengarkan musik, memainkan alat musik, olahraga tertentu (renang, badminton, basket, volley, futsal, dll), memasak, berkebun, bermacam-macam termasuk mengumpulkan barang tertentu (koleksi perangko, buku, barang antik, mata uang, dsb).

Nah pada postingan ini, saya ingin bercerita tentang Numismatik, yaitu suatu hobi mengumpulkan mata uang kuno, variasi hobi ini ada beberapa, ada yang suka mengumpulkan semua mata uang (kuno ataupun yang masih beredar, negara manapun), ada pula yang hanya mengumpulkan mata uang kuno (sudah tidak beredar) dari negara tertentu, ada juga yang hobi mengumpulkan mata uang dengan nomor cantik (ini mungkin khusus orang Indonesia ya, suka ama nomor cantik), bahkan ada loh kolektor yang suka mengumpulkan uang kertas salah cetak, tapi ada juga yang suka mengumpulkan mata uang bentuk koin.

Hobi ini bisa dibilang, merupakan hobi sekaligus investasi (bila yang dikoleksi memang mata uang kuno yang sudah langka, atau yang limited edition), Karena sebagaimana benda antiik lainnya, semakin tahun, nilainya (harga) akan semakin mahal (karena semakin kuno/antik).

Kolektor mata uang kuno ini biasanya mempunyai komunitas tersendiri, seperti halnya yang dilakukan para kolektor mata uang di Surabaya, tiap hari minggu ke 1 dan minggu ke 2 tiap bulan, mereka akan berkumpul di Kantor Pos Besar Kebun Rojo (bukan cuma kolektor dan pedagang mata uang saja, tapi juga para kolektor perangko dan kartu pos), di sana biasanya para kolektor ini mulai berkumpul jam 9 pagi sampai siang hari.

Para kolektor numismatik ini, selalin berkumpul (hmnn saling tukar informasi) juga biasanya bertransaksi, mulai transaksi tukar sampai transaksi jual beli.

Menurut saya, ini merupakan hobi yang unik, kalau kita perhatikan gambar mata uang Indonesia yang jaman dulu itu sangat “nyeni”, ada yang gambar Hewan (komodo, macan, tupai, rusa, gajah), ada pulaΒ  yang seri wayang (gambar wayang), dan juga ada uang daerah (jadi tiap daerah di Indonesia punya mata uang sendiri), ada pula yang seri budaya, dan menurut saya loh ya, gambarnya bagus-bagus, ada juga seri apa saya lupa, gambarnya bunga, yang mana kalau kita tarus di lampu untuk melihat uang palsu seperti di bank itu, gambar bunganya akan seperti bersinar (seperti mengandung fosfor).

Dari pengamatan saya, hobi ini bukan cuma menyenangkan (melihat aneka gambar) tapi juga merupakan investasi, ini kalau diwariskan anak cucu bisa mahal loh (tapi nggak semua ya, ada juga uang ‘tua’ yang harganya murah, cuma beberapa ribu rupiah saja).

Nah, buat teman-teman yang mungkin dapat warisan album numismatik dari kakek nenek atau orang tua, jangan dibuang atau dijual di loakan ya? Siapa tahu ada yang bernilai mahal di sana, bisa loh mencari informasinya di Ebay.com juga, karena di sana juga diperjual belikan mata uang kuno Indonesia.

Kalau sudah tahu nilainya, terserah, mau tetap dijual atau disimpan saja untuk investasi, atau mungkin tetap disimpan sekedar sebagai kenang-kenangan.

Semoga bermanfaat ya πŸ˜‰


Share and Enjoy:
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Live
  • StumbleUpon
  • YahooMyWeb

13 Comments

pemula September 9th, 2009 at 7:23 am

kalo saya suka ngumpulin prangko
banyak jg koleksi saya
di daerah saya susah cari penjual prangko kuno
kalo mau beli, yah, terpaksa deh beli di luar kota

Lina September 9th, 2009 at 4:07 pm

di Surabaya ada loh toko2 jualan perangko, ama numismatik gitu, bisa ke Java Coin di PTC (Pakuwon Trade Center, Supermall Pakuwon sana) atau ke Mirota di Jalan Sulawesi… atau ya itu deh gabung di komunitas numismatik ama perangko di kantor pos besar tiap minggu ke 1 dan ke 2 tiap bulan.

Anwar October 27th, 2009 at 10:54 am

Perangko Indonesia

SERI Nominal Tahun
Olimpiade (30 Sen) 1988
17 Agustus 1945 (15 | 25 Sen) 1950
Untuk Anak-Anak (75+25 Sen)
Buaya (4,- + 75 Sen) 1966
Paphiopedilum Praestans (6,- + 1,50)
Dendrobium Phalaenopsis (3,- + 1,-)
Vanda Tricolor (1,- + 0,50)
Kapal Laut 16 September (15,-) 1965
Linsang (25 Sen)
Kantjil (15 Sen)
Trenggiling (35 Sen)
Kopi (15 Sen)
Tembakau (20 Sen)
Kelapa (50 Sen)
Freedom For Hunger (3,-)
Contre La Faim (1,- | 1,50)
XI Colombo Plan Conference (15| 20| 50| 75| 1,15 Sen) 1959
International Du Travail (5| 15| 7,50 Sen) 1969
UNO (7,50 | 10 | 20 | 30 Sen)
12 Tahun Annual Conference (1,-) 1963
Gerakan Pramuka Bumi Perkemahan Wirakarya (5,50) 1968
Hari Penerbangan Nasional (2,50) 1967
Hari Penerbangan Nasional (10 sen) 1958
17 Agustus 1945-1955 – Teks Proklamasi (15| 50| 75 Sen) 1955
17 Agustus 1945 (20 Sen)
Dirgahaju Republik Indonesia – Peruri
Tugu Irian Barat (3,- +1,00)
UPU Day (40,-) 1971
Ir. Sukarno (2,-)
Djenderal Sudirman (4,-)
K.H. Agus Salim (10,-)
H.S. Tjokroaminoto (7,50)
M.Husni Thamrin (2,50)
K.H. Ahmad Dahlan (1,25)
R.I.S. (15 | 2 1/2)
Jambore Nasional Ke.1 (35 + 15 Sen) 1955
Jambore Dunia Ke.10 (75 + 35 Sen | 10 + 5 Sen) 1959
Masjid Istiqlal (30 + 20 Sen)
100 Tahun Paleoantropologi Indonesia (250,- | 350,-) 1989
Menyambut Kemenangan Regu Indonesia – Sudirman Cup (100,-) 1989
Pelita – Rumah Ibadah (5,-)
Pinisi – World Exposition (75,-)
Hari Pahlawan (25 | 50 Sen | 1,-) 1955
Asian Games IV Djakarta (0,25 | 1,- | 4,50) 1962
200 Tahun Jogjakarta (75 Sen) 1956
Asia Afrika (1,50) 1965
Konferensi Mahasiswa Asia Afrika (25 Sen) 1956
Seabad UPU Centenary (20,- | 40,- | 100,-) 1974
I.M.O. – W.M.O. Centenary (80,-) 1973
Games Of The New Emerging Forces Djakarta, November 10-22-1963 (1,25)
Tahun Pengungsi Sedunia 1959 – 1960 (15 Sen)
Hari Bank 5 Djuli 1963 – Artja Daneswara (4,-)
Pelita IV – Peningkatan Pelayanan Haji (75,-) 1985
Istana Bogor (300,-) 1998
125 Tahun Perangko di Indonesia 1864-1989 (1.000,-)
25 Tahun Pos dan telekomunikasi (25,-)
W.W.F. Pongo Pygmacus (140,- | 500,-) 1989
Terbitan Jepang di R.I. (5 | 40 Sen)
Republik Indonesia (70 Sen)
Indonesia (2 1/2 | 10 | 15 | 50 Sen) (2,-)
Repoeblik Indonesia – Peta (1 Sen)
Repoeblik Indonesia – Pejuang (2 Sen)
Repoeblik Indonesia – Tebing (4 Sen)
Repoeblik Indonesia – Banteng (3 Sen)
Repoeblik Indonesia – Bandung Maret 1946 (5 Sen)
Repoeblik Indonesia – Pertahanan Kita (30 Sen)

Tersedia juga Perangko Luar Negeri mulai Thn.1930
Uang Koin Nederland Indie
Uang Koin Diponegoro
Berminat?
Kontak / SMS :
0856 7858 520
081 789 7967

Lina October 28th, 2009 at 12:04 pm

Hmnn, mestinya sih blog ini bukan untuk promosi ya.. tapi ya udah lah gapapa…. semoga sukses ya…

sumain November 15th, 2009 at 11:00 pm

Saya juga punya banyak koleksi matauang dunia,baru/kuno koin juga ada,misalnya Lire Italia,Shiling England,dll,yg sebagian besar sudah tidak beredar lg,yang berminat bisa kontak/sms ke 081220908278 / 081321111378,
kalo ada yang tahu komunitas Numismatik di Kota Bandung Saya minta Info nya, terima kasih sobat2 smua,salam,

tyoassau January 7th, 2010 at 12:02 am

kalo uang misprint ada yg berminat ga? kebetulan sy punya koleksi uang Rp.50.000 emisi 2005 yg misprint sama beberapa koleksi uang bernomor seri cantik siapa tau aj ada yg tertarik

java-coins.com March 6th, 2010 at 5:54 pm

wah seru juga tuh. saya juga suka ngumpulin koin perak kuno. oya mirota itu mau beli koin kuno nggak ya?? saya bisa minta infonya/no tlp mirota?? bisa sms ke 085729447237. tks gan

Lina March 8th, 2010 at 8:15 am

Cobalah untuk menghubungi toko Mirota yang ada di jalan Sulawesi Surabaya, biasanya pedagang membeli atau tidak tergantung, apakah itu barang langka, atau mereka memang mendapat harga istimewa, dan sebagainya. jadi soal beli atau tidak harus ditanyakan sendiri.

Selain Mirota anda bisa juga mencoba menghubungi Java Coin di PTC (Pakuwon Trade Center, Supermall Surabaya Barat), mereka juga jual beli mata uang kuno.

widya May 10th, 2010 at 10:28 pm

java coin yang di ptc dah tutup… padahal tadi aku dah bela’in kesana jauh2… πŸ™

Lina May 12th, 2010 at 10:45 am

iya, mereka rencana pindah, tapi coba deh hubungi pemiliknya, Bapak Ibnu 08123103330, di rumahnya di dukuh kupang dia juga punya rak jualan numismatik, ama barang-barang antik.

uyhazzoe March 28th, 2011 at 3:31 pm

gw ada koleksi prangko kakek gw nih.. πŸ˜‰
jumblahnya ribuan ada juga yg dalam album(5 album),
first day cover juga ada (100an)
maklum dia dulu kerja di expedisi…
n kolektor juga..
gw cuma dapat “prangko n uang2 kuno”…
barang 2 mistik n brg jaman2 kerajaan dah di ambil om gw..
kalo ada yg berminat email gw aja
(uyha_archie@ymail.com)

Adi Setiawan November 29th, 2011 at 10:30 am

Saya punya koin kuno nederland indie, 1 dan 1/8 s tahun 1825-1826 sebanyak 200 koin yang ditemukan di perairan pulau Bangka. Bagi yang berminat silahkan hubungi kontak person saya No : 085267679953 (SMS terlebih dahulu)atau email ke : puana5@yahoo.com

Irawan Santoso February 3rd, 2015 at 11:17 am

Mohon info yang jual album untuk uang kertas. Kalau ada di bandung. Tetapi kalau gak ada di mana saja boleh

Leave a Reply