August 19th, 2008

Tanggal 16-18 Agustus kemarin saya pergi ke Sukamade dengan 3 orang teman baik saya, bener-bener adventurous trip.

Bagaimana tidak adventurous? Perjalanan ditempuh berkendaraan sekitar 9 jam dari kota Malang. Kami bermobil sampai kota Jember, kemudian kami ganti mobil yang kami juluki sendiri sebagai mobil tank (sebetulnya naik Hiline kok πŸ™‚

Kami harus berganti mobil, karena medan 2 jam terakhir tidak membuat kami bisa memilih mobil, yang bisa lewat sana hanyalah Jeep, Land Rover, Hiline, dan sebangsanya (kalau mobil yang lain dipaksa, silahkan, cuma kalo mobilnya rontok, jangan menyesal ya? πŸ™

Medannya benar-benar rock n roll yang membuat kita berjoget ria di , mobil (kami juga menyeberangi sungai, yang untungnya karena masih kemarau sungai ini hanyalah seperti genangan air sepanjang sekitar 5 meter, katanya sungai ini tidak bisa diseberangi di musim hujan; jadi kalau musim hujan harus memutar, dan menyeberangi 3 buah sungai yang lebih kecil)

Sukamade Turtle Beach terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang ada di hampir ujung dari Jawa Timur.

Sepanjang jalan, kami menikmati suasana perayaan 17 Agustusan (tidak seperti di kota yang mana liburan identik dengan jalan-jalan, tidur panjang balas dendam setelah seminggu bekerja).

Kami melihat karnaval, dan baris berbaris dengan aneka costum yang penuh kreatifitas, Memang ada juga rasa pegal, karena perjalanan kami jadi lebih lama (kan macet), tapi kami sangat menikmati suasana yang sudah lama tidak kami rasakan. Sampai-sampai kami berempat sepakat berpendapat kalo 17-an itu lebih terasa di pedesaan.

Bagaimana tidak, sepanjang jalan kami juga melihat banyak bambumerah putih yang dibuat seperti pagar di sepanjang jalan di desa Sarongan, Pesanggaran (desa terakhir sebelum Sukamade), sungguh cantik melihatnya.

Kami total mengunjungi 4 buah pantai, yaitu Pantai Rajekwesi, Pantai Sukamade (Sukamade Turtle Beach), Pantai Batu dan Teluk Hijau , serta sempat juga keliling perkebunan di sekitar sana.

Dan yang sangat berkesan, kami melihat penyu bertelur, penyu yang kami dan tunggui bertelur 136 butir loh, kami bahkan menunggui penyu itu sampai mengubur telurnya dan kembali ke laut.

Suasana tanggal 16 Agustus malam, cukup ramai, karena pengunjung cukup banyak, di pantai kami tidak boleh menyalakan senter (karena takut penyunya kabur balik ke laut alias gak jadi bertelur).

Berkaitan dengan event pelepasan 1.000 ekor tokik (bayi penyu) di 17 Agustus pagi, maka sebagian pengunjung adalah Kru SCTV, wartawan Surya, Reporter dari Radio Rosalina Jember, dan perwakilan dari media-media lain yang saya kurang tahu.

Rencananya kami berniat ikut melepaskan tokik (bayi penyu) juga, cuma karena salah jadwal, kami datang terlambat, sehingga pagi 17 Agustus kami cuma bisa menikmati pantai saja sambil melihat bendera merah putih berkibar di sana.

Ya…. Pendeknya kami sangat berkesan dengan Liburan kali ini, sekalipun capek, badan pegal semua, It’s Worth….

Di lintasan hewan liar, sepulang kami dari pantai, kami juga bertemu sepasang rusa (namanya juga Taman Nasional kan?), juga bertemu musang (sebetulnya kami ingin melihat banteng dan babi hutan, tapi kata orang sana, di musim kemarau hewan-hewan tersebut lebih memilih tinggal di hutan)

Di pagi hari kami bertemu dengan beberapa komunitas monyet, juga burung Rangkok (mungkin bahasa orang sana, saya sendiri belum pernah melihat burung seperti itu sebelumnya) yang lehernya panjang dan bisa terbang, kami juga bertemu beberapa ekor ayam hutan (bahkan teman saya sempat mengejar-ngejar ayam hutannya supaya mau terbang).

Suasana di wisma tempat kami tinggal sangat tenang dan damai (oh iya di sana tidak ada sinyal HP), jadi bener-bener tenang dan jauh dari ketegangan hidup sehari-hari, listrik aja dipadamkan jam 10 malam (jadi pakai lampu minyak).

Setelah stres hidup di kota, suasana di sana benar-benar cocok buat kami beristirahat sejenak dari rutinitas, ditambah lagi dengan adventour dan pengalaman lihat penyu bertelur, sungguh tak terlupakan.

Meskipun capek, kami rasa (setidaknya saya) suatu hari saya akan kembali ke sana lagi.
Kalau teman-teman mau lihat beberapa hal yang bisa dilihat di sana bisa coba ke www.Sukamade.com ya πŸ˜‰

Share and Enjoy:
  • YahooMyWeb

4 Comments

Sujono, S.H. September 4th, 2008 at 7:07 pm

Kami memiliki armada kendaraan jip, kami berharap dapat bekerja sama dengan memberitakan kepada rekan rekan anda apabila hendak berlibur ke sukamade. Sewa kendaraan cukup murah, Rp. 600 ribu. Meeting point di Pesanggaran atau jajag. Terima kasih.
Sukamade_adventure@yahoo.co.id

popo March 31st, 2009 at 12:30 pm

mohon informasi contact number yang dapat dihubungi selain via e-mail mengenai akomodasi yang tersedia di sukamade. Terima kasih atas bantuannya.

Lina March 31st, 2009 at 8:06 pm

Dear Popo, kebetulan saya memiliki contact number Bpk. Sujono, coba hubungi ke Telp. 0333-710283 atau ke Mobile +6281 336 081 878

blog holiday July 11th, 2010 at 11:11 am

wah enaknya kmn y liburan tlah tiba πŸ™‚