November 17th, 2008

Teman-teman perhatikan gak kenapa ada orang-orang yang kayaknya tuh kurang berhasil di satu bidang, kita ambil contoh aja di internet marketing?

Kepikiran gak ya kalau sebenarnya mereka itu kadang bukannya tidak berhasil (gagal) tapi masih belum berhasil aja (tertunda), seperti halnya menanam pohon, kan bibitnya ditanam, disirami, dipupuk, tanahnya digemburkan, dan banyak lagi daya upaya yang dikerahkan oleh seorang penanam pohon sampai dia menghasilkan pohon yang buahnya lebat.

Bahkan si pohon pun kadang berbuah kecut dulu sebelum menjadi manis (istilahnya masih belajar berbuah).
Apalagi di perkerjaan nyata, pasti nggak mudah dech.

Dan salah satu yang sering tidak disadari menjadi batu sandungan adalah kurangnya FOCUS. Maksudnya begini, pernah nggak ya di internet marketing, kadang bulan ini kita mengerjakan adsense, lalu adsense serasa nggak prospek, trus kita ganti ke PPL (Pay Per Lead). Urusan Pay Per Lead belum kelar, ganti topik lagi ke domain parking, lalu bulan depannya lagi ganti judul lagi ngerjain Paid Review, jadi intinya dikit sana dikit sini, loncat sana loncat sini.

Dengan pikiran terpecah-pecah gini, mungkinkah ada hasil yang significant?
Saya pernah diajarin seorang teman (sayangnya sekarang teman saya tersebut sudah almarhum), dia memberikan komentar pada saya: : “Bekerjalah sedemikian rupa sampai bilamana orang mendengar namamu, dia langsung akan mengingat bidangmu”

Saya sangat mengingat teman saya itu, dan bukankah itu terjadi pada Anne Ahira? Mendengar namanya orang akan langsung menghubungkannya dengan salah seorang tokoh Internet Marketing Indonesia.

Anne Ahira membuka sekolah Internet Marketing pertama di Indonesia. Resmi, bukan sekolah gratisan yang nggak jelas kurikulumnya.

Meski sekolah ini tidak memberikan ijasah, bukankah ilmu yang dipelajari dan menghasilkan jauh lebih bernilai?

Well, kembali ke urusan Focus, lalu bagaimana kita dapat belajar focus? Saya rasa, mungkin bisa dimulai dengan menentukan satu bidang dulu tentang apa yang akan kita tekuni.

Kemudian teman-teman perlu membuat komitmen pada diri sendiri, misalnya: “Saya nggak akan berhenti mempelajarinya selama 6 bulan ke depan, apapun yang terjadi” atau “saya akan mencoba belajar internet marketing selama 3 bulan ke depan, bulan ke-4 saya masih tidak tahu apakah akan meneruskannya”, setidaknya dengan komitmen-komitmen ini ada arah yang dituju untuk setiap usaha kita.

Tapi yang terpenting lagi, adalah menepati komitmen tersebut. Percuma dong bikin komitmen tapi gak pernah ditepati. Sekalipun itu janji pada diri sendiri dan nggak akan merugikan orang lain kalau tidak ditepati, malu dong kalo cuma bisa OmDo (Omong Doang)?

Sikap mental ini tidak hanya untuk bidang tertentu saja, tapi bisa diterapkan ke semua bidang yang teman-teman minati, semoga akan membawa hasil yang lebih baik.

Dan mungkin kata-kata Alexander Graham Bell ini bisa menginspirasi kita semua tentang kekuatan dari focus:

Share and Enjoy:
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Live
  • StumbleUpon
  • YahooMyWeb

Leave a Reply