January 12th, 2009

Memiliki produk tapi tidak ada yang beli artinya no profit – no money, sama halnya dengan memiliki situs tapi tidak ada yang mengunjungi (jadi situs eksklusif yang cuma dinikmati secara pribadi ya? Hehe).

Nah untuk keperluan promosi online inilah, teman-teman perlu mempertimbangkan penggunaan PPC Advertising, seperti AdsenseCamp, jadi beriklan online di internet, di mana kalau ada yang klik iklan tersebut, baru kita bayar biayanya.

Menggunakan PPC Advertising ini tentu saja bayar, jadi sebelum kita terima uang kita mesti bayar dulu, karena belum tentu mereka yang klik iklan tersebut akhirnya membeli produk kita, bisa saja mereka cuma sekedar ingin tahu, atau belum membutuhkan produk tersebut saat ini, belum ada dananya, produk kita terlalu mahal, tidak cocok, dsb yang intinya ‘tidak beli’.

Bila teman-teman tidak ingin mengeluarkan uang terlebih dahulu, sebaiknya menggunakan teknik SEO saja, buatlah situs teman-teman disukai search engine, supaya bila ada orang yang mencari produk yang teman-teman tawarkan, situs teman-teman bisa keluar terlebih dahulu di halaman pertama (sudah menjadi kebiasaan online googlers untuk hanya membuka 3-5 halaman pertama hasil pencarian search engine, jadi kalau situs teman-teman keluar di halaman 6, 9, dst.. kemungkinan besar tidak banyak prospek yang akan mampir).

Tiap-tiap cara baik gratisan (SEO) maupun berbayar memiliki plus minus masing-masing,

Cara berbayar menjanjikan traffic instant, tidak perlu susah-susah melakukan SEO pada situs kita, teman-teman akan mendapatkan traffic asal membayar. Tapi begitu teman-teman menghentikan pendanaan, maka traffic tersebut akan otomatis langsung berhenti pula.

Lain halnya dengan SEO, menggunakan SEO, memang hasilnya tidak instant, tapi teman-teman bisa mengharapkan traffic yang lebih awet (jangka panjang),

Cara promosi online mana yang akan teman-teman pilih tentu saja tergantung dari teman-teman sendiri, dengan mempertimbangkan pendanaan, investasi waktu, dsb. Cara yang cocok untuk seorang internet marketer belum tentu cocok untuk pemain internet marketing yang lain.

Tulisan ini didedikasikan untuk kemajuan internet marketing di Indonesia.

Share and Enjoy:
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Live
  • StumbleUpon
  • YahooMyWeb

Leave a Reply