July 28th, 2008

Tiap kali saya jalan-jalan ke mall pasti lihat banyak orang yang nawarin credit card, bahkan satu mall bisa banyak bank yang buka booth buat nawarin credit card. Gak cuma itu, buat tahun pertama gak ada fee nya loh (padahal fee credit card itu paling murah juga sekitar Rp 150.000 per tahun, itu pun limitnya juga paling berapa).

Entah karena ekonomi seret sehingga bank-bank kian berlomba cari omzet dari credit card atau bagaimana, saya juga tidak mengerti.

Bahkan barusan ini Telkomsel pun bekerja sama dengan Citibank ngasih Credit Card Citibank Telkomsel yang limit nya lumayan, masih lebih tinggi dari Credit Card BCA yang jaminan (limit 3 juta).

Credit Card Citibank Telkomsel ini khusus buat pelanggan kartu halo, jadi pihak Citibank sendiri yang menghubungi dan menawarkan pada pelanggan kartu Halo yang bersangkutan. Administrasi? Hampir tidak ada, cuma menyerahkan fotocopy KTP ama ngisi formulir pendek plus tanda tangan. Udah, ntar gak lama kemudian akan terbit kartunya.

Gak cuma itu, Credit Card Citibank Telkomsel itu juga menawarkan fitur-fitur di mana kita bisa semakin hemat dalam hal billing kartu Halo kita, dan lain lain fasilitas (nggak saya sebutin ya, karena ini emang bukan promosi credit card Citibank Telkomsel 😉 )

Yang ingin saya garis bawahi di sini nih, sebaiknya credit card yang instant, tanpa jaminan, tanpa annual fee, segudang fasilitas plus diskon, diambil gak ya? Gak diambil sayang juga ya? Kan gratis?

Sebetulnya diambil atau tidak itu tergantung teman-teman sendiri. Mengapa demikian?

Credit card pada dasarnya adalah sarana berhutang, kalau penghasilan pas-pasan apakah tidak beresiko tuh bikin hutang konsumtif? Dan dengan memiliki credit card biasanya pada orang-orang tertentu nafsu belanja akan meningkat, mungkin karena merasa selalu bisa membayar (padahal ngutang tuh 😉 )

Menurut saya loh ya, kalau teman-teman kurang bisa mengendalikan keuangan pribadi, sebaiknya tidak beresiko dulu (tidak tampil gaya dengan credit card masih jauh lebih bagus daripada gaya tapi banyak hutang).

Memang dengan credit card kita bisa dapat diskon-diskon yang menarik yang bisa membantu kita berhemat. So… gimana nich? Mungkin belajar mengendalikan diri akan menjadi solusi yang bijak. Jadi dapat credit card, dipakai bila perlu, dan mungkin bisa dibiasakan membayar tunai untuk tiap pengeluaran credit card (saya pernah nulis tentang ide ini)

Ingatlah selalu, credit card adalah hutang, dan hutang selalu harus dibayar plus bunganya:(

Jadi pada akhirnya keputusan mengambil tawaran credit card atau tidak terserah kepada teman-teman sendiri…. Be wise;)



Share and Enjoy:
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Live
  • StumbleUpon
  • YahooMyWeb

Leave a Reply